Dewan Pembina Restui Ketua Serikat Pedagang Kaki Lima (Spekal) Cabang Jombang Tarung di Pilkada 2024

Jombang (spekaljatim.blogspot.com) – Dewan pembina Serikat pedagang kaki lima (Spekal) Jombang Warsubi dan Agung Wicaksono memberikan restu kepada Joko Fatah Rochim untuk bertarung di Pilkada Jombang 2024 melalui jalur perseorangan atau independen. Joko Fatah saat ini menjabat sebagai ketua di organisasi yang menaungi pedagang kaki lima tersebut. 

Pernyataan itu disampaikan Fatah usai bersilaturahmi di kediaman dua dewan Pembina Spekal itu. Ketiganya kemudian melakukan foto bersama. Fatah berada di tengah, sedangkan dua pembina Spekal mengapitnya. Semua mengenakan baju putih dan saling berpegangan tangan. 

“Alhamdulillah, saya sudah silaturahmi ke kediaman dewan pembina Spekal, Pak Warsubi dan Pak Agung Wicaksono. Beliu berdua merestui saya untuk maju di Pilkada Jombang. Saya maju karena dorongan dari para PKL (pedagang kaki lima) di Jombang,” kata Fatah Ketika dikonfirmasi, Senin (5/8/2024). 

Fatah menjelaskan, dirinya melakukan silaturahmi pada Minggu 4 Agustus 2024. Walhasil, Warsubi dan Agung menyambutnya dengan hangat. Menurut pria yang aktif melakukan pendampingan kelompok marginal ini, dirinya mendapat banyak pesan dari dua orang Pembina itu.

Di antaranya, Fatah diminta mengedepankan politik yang santun, saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Politik, lanjut Fatah, tidak harus saling menjegal, tidak saling menghujat. Karena hal itu membuat orang tersakiti. 

“Bagi saya, pesan dari dewan pembina itu sangat bijak. Karena selama ini ada bakal calon bupati yang terlihat tidak akur satu dngan yang lain. Padahal, sebagai tokoh yang nantinya memimpin Jombang, tidak elok jika seperti itu,” kata Ketua Spekal Jombang ini.

Fatah juga mengapresiasi Warsubi yang hendak mengikuti kontestasi Pilkada Jombang melalui jalur partai. Betapa tidak, Fatah yang berpamitan untuk maju lewat jalur perseorangan justru direstui dan diberi pesan bijak olehnya.

“Beliau sangat menghargai pendapat orang. Termasuk saya yang menemuinya untuk maju (Pilkada), juga didukung. Karena bagi belau, ini adalah bagian dari demokrasi. Berbeda adalah hal biasa dalam demokrasi,” katanya.

Sesuai rencana, lanjut Fatah, pada 27 Agustus nanti dirinya bersama orang-orang yang mendukungnya akan mendatangi KPU Jombang. Tujuannya, mendaftarkan diri sebagai calon bupati Jombang melalui jalur perseorangan.

Bukankah pendaftaran jalur perseorangan sudah ditutup pada 12 Mei 2024? Fatah tak ambil pusing. “Saya tidak lewat partai, tapi independen. Apakah nanti diterima atau tidak, nanti di KPU,” katanya polos.

Fatah mengatakan, dirinya maju Pilkada karena dorongan dari komunitas PKL dan masyarakat kecil lainnya. Bahkan banyak gambar dirinya terpasang di sejumlah titik strategis. “Itu bukan saya yang memasang, saya juga tidak pernah tahu,” ucapnya.

Warga Desa Pulo Lor Jombang ini mengakui, selama ini dirinya tidak pernah mendaftar sebagai bakal calon bupati atau wakil bupati Jombang melalui penjaringan partai politik manapun. Alasannya, ongkos rekomendasi parpol mencekik leher.

Dirinya mendengar rumor yang berkembang bahwa harga rekomendasi maju pilkada lewat parpol itu mahal sekali. Dipatok dengan harga Rp500 juta sampai Rp1 miliar per kursi. “Itu hanya untuk rekomendasi. Belum lain-lainnya,” ucap Cak Patah, panggilam akrabnya.

“Uang miliaran yang dikeluarkan tersebut lebih baik diberikan kepada yang membutuhkan. Semisal, untuk pemberdayaan masyarakat kecil seperti PKL, tukang becak, sopir, serta pelaku kesenian jaranan. Itu lebih mendidik,” pungkasnya.

(Editor. Syamsuri)

Postingan populer dari blog ini

Spekal Jawa Timur melaksanakan Kongres yang ke-2 di SWK. kapas Krampung pada hari Rabu 24 Juli 2024 dengan Tema : "Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) Merupakan Pondasi terkuat Ekonomi Bangsa"

Alumni YPI "Mafatihul Huda-Arrosyidiyah selenggarakan Reuni Akbar yang ke-V dan Haul Masyayikh sekaligus Haflatul Imtihan yang ke-59 pada hari Selasa 5 Maret 2024

Sosialisasi terus dilakukan oleh Organisasi Spekal ke dapil 5 untuk pemenangan Bapak Anwar Kohar, S.E.,M.M. sebagai Calon Anggota DPRD kota Surabaya pada tanggal 14 Pebruari 2024 mendatang